Monday, June 20, 2005

Ruwatan Jomblo

Weekend kmaren pas datang ke kawinan Fitri temen kuliah, secara spontan tiba2 aku jadi pengikut salah satu dari ritual prosesi pernikahan adat jawa. Ceritanya pas aku and sepupu gw rita dateng buat lihat Fitri pas malem midodareni nih. Habis kelar makan malem yg yummy bgt, tiba2 ada ibu-ibu yg sibuk woro-woro nyari tamu yg masih berstatus single : "ayo mbak mbak..siapa ini yg mau bantu bawain serah-serahan buat tedak ripeh ?" (note: gw gak yakin spelingnya bener nih)....pas lagi cari tahu ada apa dgn woro2 itu, si fitra kembarannya fitri nunjuk2 aku and rita buat ikutan.. "eh ayo...kamu harus ikutan" lah secara aku yang memang baik hati, dan penolong *narsis mode on*..dgn wajah yg msh melongo dan sebenarnya msh penuh pertanyaan ttg apa yg terjadi, aku langsung unjuk diri deh. Ternyata emang utk bawa serah-serahan yg berupa berbagai macam benda dan masakan itu perlu krg lebih 10-an org gitu deh. Ada yg kebagian bawa kue apem (yg wajib hrs ada di setiap upacara adat jawa), aneka rasa & rupa masakan, lampu minyak (gak ngerti buat apa)...semua relatif ringan lah..nah giliran gw tinggal satu paket isi pisang raja 2 tandan yg blm ada PIC-nya..jadilah..gw bawa tuh pisang yg lumayan berat (untung lengan gw udah terlatih dgn badminton 2X seminggu plus aerobik..hehee.)

Next, setelah masing2 org udah pegang benda2 serahan yg jadi tanggungjawab, kita semua dibariskan dgn urutan tertentu. "hayoo.. mbak yg bawa lampu didepan, terus apem, terus pisang...." gitu suara ibu yg kayaknya mengkomando. "Sudah semua?. ..mulai..skrg semua maju ke arah Eyang yg di depan itu, kasih ke eyang serah2annya"..suara si ibu komandan dgn lincahnya.

Majulah semua beriring2an menuju ke arah yg ditunjuk tadi, dimana kanan kiri kita adalah tamu2 yg masih ada malem itu dan mostly adalah kel. besar si Fitri. Yang bikin gw surprise, ternyata setelah kita kasih tuh serah2an ke eyang yg duduk di bawah, and bikin kita harus jalan jongkok gitu, tuh eyang kasih bedak cair ke muka masing2 orang!! Ada yg kedapetan pipinya, jidat, hidung, dagu. Gw kena di pipi neh..(ngrusak blush on, *huhh* !!). Sayup2 gw denger ada ibu2 laen yg ngomong : " Hayoo mbak...sambil berdoa yaa biar cepet entheng jodoh.." dan setelah kelar gw duduk di deretan tamu2 lain, tergelaklah gw and rita yg ikutan di prosesi itu "..hahaha..waduh Ta', ternyata ini upacara jomblo tho??" and kita berdua langsung manggut2 dan mengamini ucapan2 pinisepuh yg ada disitu.

Dan ternyata itu belum selesai, setelah kasih serah2an, si ibu komandan tadi bilang :"Nah, supaya mbak2 yg tadi bawa serah2an semakin entheng jodohnya, syaratnya.. ini serah2an nya biar sedikit harus diincipi...hayoo..semua maju, ini diambil trus di dhahar (bhs kromo inggil jawa = dimakan)"...

Setelah tahu bahwa gw udah terlanjur involved di jomblo ceremony itu, dgn bergegas plus ada semacam keyakinan yg mendorong gw utk rela jadi salah satu object penderita upacara itu, gw maju and ngambil salah satu item yg ada di situ. Yang gw ambil kue apem krn gw anggap kue ini bernilai penuh filosofis. Biar ternyata gw agak2 salah pilih, krn ternyata dari ukurannya nih kue guedhe bgttt!! yg walhasil gw gak bisa habisin. Busyet dah..abis makan malem yg kayak gitu..gak sanggup lagi perut gw dipaksa utk mencerna nih kue. Terus sisanya mau dikemanain ?? dibuang ? gak berani deh..somehow kok takut kualat. Akhirnya nih kue apem yg mash separo plus pisang raja hasil bagi2 dari ibu komandan, gw bawa pulang balik ke hotel.

Sampe di hotel, si rita masih ketawa2.."gak rugi gw jauh2 dari jkt dtg krn dpt berkah ikutan upacara jomblo kayak tadi". Sambil juga kita ngebahas upacara jenis yg satu ini kok gak pernah kita lihat di adat2 keluarga kita. Mungkin krn emang si Fitri pake versi upacara adat jawa yg advanced alias komplit gitu deh makanya jadi ada.

Ternyata upacara kawin adat Jawa tuh sarat muatan filosofis juga. Bukan hanya buat mereka yg kawin tapi juga memprovide ritual buat komponen2 jomblo yang ada disekitarnya. And gak tau kenapa we just so happy being part of it!! Gw bilang ke rita "ini kudu masuk ke blog gw jeng...." and voila !! another jomblo posting ; dari dan untuk jomblo :-)

two in a row..postingan ttg jomblo foreva'...hahahaa...

Image hosted by Photobucket.com

....cepat dapet jodoh yaa cu'...

8 Comments:

Anonymous Anonymous said...

huahahahahhaa.... top, top abisss!!! ternyata rame ya kawinannya fitri!!! coba dong mon, laporan pandangan mata yang lain! mosok rek aku kudu telp si detty cuma mo nanyain itu!

catatan: tapi mon, nek mukak kita2 dicorat coret gitu, opo yo efektif mo menggaet pria ya? hihihihi.... salah2 dikira kita pawang hujan!

12:00 PM  
Blogger Apey said...

Lenje..iya jeng. we miss u at the party. aku smpt tahu dety juga kok. sabar yee..foto in progress kok. ada dody, ardy, wachid, hendry,ica, dll..semua say hi to 2 secara aku bilang kalo kita sering kontak getuu..

10:32 AM  
Blogger Apey said...

This comment has been removed by a blog administrator.

7:02 AM  
Blogger Apey said...

Zie...are we single birds in the same feather ? mau ikutan diruwat?yuukkk..hahaha :DD

7:02 AM  
Anonymous Anonymous said...

:D salam kenal dari seorang jomblo bahagia... tapi boleh juga tuh ruwatan jomblonya :))

3:49 PM  
Blogger guario said...

gubraks, untung nggak ada di sana:D. tapi tuh towelan nggak dihapus kan? jangan, biar orang tahu kamu jomblo jadi kalo ada bujangan lihat kamu punya peluang, hihihi... btw, sukses nggak tuh ruwatan:D? salam buat fitra ya.

10:28 AM  
Blogger Apey said...

Koenil, Rio..kayaknya gak ada salahnya kita2 para jomblo bikin ruwatan sendiri...in a purpose gitu kan..:D

8:56 AM  
Anonymous Anonymous said...

Ya..ya..ya.. Akkord Pey. Emang Tradition has to be preserved not only for the sake of the tradition itself, but also the phylosophical meaning attached to it. Orang bule yang super rasional pun, ketika acara pernikahan, mempelai wanita selalu bawa buket bunga yang kemudian akan di lempar ke hadirin sambil membelakangi mereka. Siapapun yang dapet juga diharapkan enteng jodoh...nah,lho..kalau yg dapet dah punya pasangan gimana...mendua atau men-tiga dong..he..he..he

Jay

6:21 PM  

Post a Comment

<< Home