Monday, June 13, 2005

Curhatnya Jomblo 2005

Entah kenapa minggu2 belakangan pas blogwalking sering banget baca postingan yang bernada ttg “unmarried pressure ”; cerita gimana bokap nyokapnya lenje yg agak khawatir ninggalin anak gadisnya kerja sendiri di DC, or si virelie yg sampai rela dapet sandal terbang gara2 ngerjain balik nyokapnya yg nanya2 jodoh, dan terakhir kemaren baca ttg guru ngaji-nya rio. Semua tak henti-hentinya memborbardir dgn pertanyaan2 seputar : kapan jadinya kamu nikah? Tunggu apa lagi ? ingat umur kamu udah berapa?…dll ..dll. Kalo udah begitu rasanya the entire whole world menyelubungi dan menghujani kita dgn pertanyaan yg melesat kayak meteor, gak tentu arah dan jawabannya !!

Someway somehow, suka senyum sendiri kalo abis baca cerita kayak gini …ngerasa “Ohh God….I’m not alone in this such thing”. Tapi di sisi yang lain, cerita beginian juga sering jadi motiv yg gak bisa dijelasin…..gimana suatu saat nanti bisa menjawab pertanyaan2 di atas secara baik dan benar plus sesuai dgn EYD yg di sempurnakan… *piufff*

Eh, sampai juga tadi siang giliran gw dapet semacam “reminder" telpon dari my bro. Hari genee ?!?…Duhh..rasanya setuju deh ya kalo dpt pertanyaan seputar mslh kayak begini jadi suka bikin bete… kalo komposisi chemicalnya pas banget ; perpaduan low mood ditambah kita pas stress kerja waktu terima telpon beginian, dijamin pasti bakal kena aftercall syndrom …*hyperbola sekali getu looh *

Tengah2 break istirahat di kantor, HP gw bunyi..”oh my bro call dari office nih… berharap2 cemas apa gw harus jadi kurir lagi neh ? “ Habis tuker info bbrp hal domestik…tiba2 ..argghh!!! entah kesambet apa muncul deh pertanyaan2 yg emang sampai skrg gw blum bisa kasih jawaban yg bener itu. Sampai di satu titik gw pasrah dgn jawaban …”yaa doa’in aja lah bro”. Jawaban “default” yang udah bisa ditahbiskan jadi the best template jawaban jomblo era ini ….ya nggak rio ? …hehe..
Lah..yg ada malah kakak gw ngajak adu tangkas yg bikin gw mikir . Dia bilang ”aku, nyokap dan semua tuh udah doain buat kamu…tapi kok aku gak lihat kamu ada usaha and focus ke arah sana”…

Bllaarrrrr !!!! Rasanya ruangan kerja gw hari itu jadi porak poranda oleh salah satu bom – yg lagi marak belakangan and suka dtg dgn tdk sopan itu. Gak terima lah gw : “Wow !?!? excuse me bro’..tolong ya…?!?! “ dan keluarlah sejumlah argumen dari mulut gw yg mungkin basi di telinga bro gw itu. Dan di setiap akhir pembicaraan ….terus terang gw ngerasa gak pernah merasa menang deh (emang harusnya gitu bukan ??!?)

Hmm…jadi mikir juga akhirnya . Terlintas aja kenapa rasanya orang2 di sekitar kita jadi melontarkan pertanyaan2 dgn muatan judgemental gitu ? Apa emang ego defends mechanisme jomblo kayak gw udah terlalu dudul dgn pertanyaan2 yg cuman bersifat basa basi or gak subtansial ? Apa emang untuk urusan ibadah yang satu ini sudah tidak bisa lagi menjadi tanggungjawab personal dari masing2 kita yang ngejalanin dan jadi tanggungjawab keluarga kita ? Belum lagi kalo dihadapkan pada statement ; Especially if you are a woman, up to 30 years old and still single/unmarried, then must be something wrong with you ? Apa emang perspective masyarakat kita yang masih gamang ngeliat a woman like me being single in this age ? Masih banyak pertanyaan jelasnya tentang hal satu ini….

Image hosted by Photobucket.com
still many question that better remain unspoken….

11 Comments:

Anonymous kang ebet said...

huaa.. ternyata kita senasib dan sepenanggungan yah.. *terharu* hehhiehieh

Emang ga bisa disalahin juga seh kalo ortu sampe kek seperti itu.. tapi.. ehmm entahlah.. :D

3:06 AM  
Anonymous lenje said...

tadinya ortuku (terutama bokap) juga punya pendapat mirip mas-mu, jeng: keluarga ngedoain, tapi ybs ya usaha dong. sekarang sih mereka udah pasrah. apalagi kalo ibuku bilang soal pengen punya cucu, atw nyinggung "udah dapet belom?", aku tinggal jawab: "mama tinggal tentukan pilihan, mau cucu dulu apa mantu dulu." hihihihi...

5:09 AM  
Blogger Apey said...

Kang ebet and lenje...jadi gimana nih enaknya biar cepet bisa kasih cucu ke ortu ( cucu or mantu duluan enaknya Len.. ) tebar pesona ke blogger2 gitu and put SALE 70% off at your back? hahaha....

1:51 PM  
Blogger Apey said...

Kang ebet and lenje...jadi gimana nih enaknya biar cepet bisa kasih cucu ke ortu ( cucu or mantu duluan enaknya Len.. ) tebar pesona ke blogger2 gitu and put SALE 70% off at your back? hahaha....

1:51 PM  
Blogger Anggi Kusumah said...

single fighter itu indah laggeee!!! yang jalanin hidup kita kan, diri kita sendiri. kalo udah already enjoyed ama jomblo, ya udah, nikmati aja.

tanya sama diri sendiri, hidup untuk diri sendiri or untuk orang lain? being jomblo, so what? asikkk banget lagee, bisa menikmati hidup sebebas2nya...!!
percaya deh!

hidup udah susah, jadi jangan dibuat susah. meski, hidup itu gak gampang, jadi jangan digampangin. heheheheheh....

peace ah pey! :D

9:26 AM  
Blogger putrisafeby said...

JOMBLO FOREVER DEH....

3:15 PM  
Blogger abhirhay said...

es beye diruwat di solo, apey juga mau diruwat kah?... hehehe.. makasih dah lewat jalansunyi...

4:04 PM  
Blogger rd said...

geez man.. men are only good for a few things that we need. if you know what I mean *wide evil grins*

7:46 PM  
Blogger Apey said...

anggi : I wish that simple jeng':-)

putri : let's enjoy our life !

Mas Abhy : liat postingan next deh..

Rd : yupe...but no matter what, that few things can make our life complete :-)

4:14 PM  
Anonymous koeniel said...

sekali lagi komen dari jomblo bahagia. eh... kok sama yak. Tapi buat gue pressure ke gue sendiri sih udah gak mempan. Cuman kalo liat pressure ke ortu, nah tuh, hati ini jadi sakit juga. "Bapak, cucunya sudah berapa?" "Lho, ibu, putrinya belum menikah toh..." Pingin marah pada dunia deh....

3:53 PM  
Anonymous Anonymous said...

Looking for information and found it at this great site... » »

4:12 AM  

Post a Comment

<< Home