Monday, May 22, 2006

Sate Bebek Cibeber

Postingan kali ini mau ngebahas wisata makan lagi nih…hehe..dasar yg punya blog hobinya makan dan tour de yummy place :P

Nih buat penggemar masakan dari bebek udah padha nyobain yang namanya sate bebek belom ?? Varian ini pertama saya rasakan sejak krg lebih thn. 91-an pas kakak pindah kerja dan akhirnya beranak pinak di kota Cilegon-Banten. Sejak itu, sate bebek ini jadi tempat wajib kunjungan tiap saya ke Cilegon buat nengok keponakan.

Pertama dikasih tau sate daging bebek, sempat bertanya-tanya juga gimana rasanya sih. Kalo buat orang surabaya seperti saya, pastinya udah gak asing sama masakan nasi bebek yang khas surabaya itu. Basicly nasi bebek cuman berupa daging bebek yg digoreng kering, dimakan dengan nasi hangat plus sambel trasi atau lebih enak lagi dengan sambal pencit (mangga muda)......*ngecess* yummy. Di Surabaya ada beberapa tempat yang terkenal such as : nasi bebek Yudi ( di daerah perak), nasi bebek kayu manis (bratang), nasi bebek papin (pasar pecindilan), dll. Masing-masing punya kekhasan sendiri dan rasanya punya penggemar fanatiknya sendiri...hehehe..kayak sepakbola aja kalee..nasi bebek sama sepakbola ternyata hampir sama! *maksa*

Okeh, back to sate bebek.. tempat sate bebek ini ada di sebuah gang kecil yang dikenal dengan nama Sate bebek Cibeber. Pertama kesana dulu warungnya kecil bgt, hanya dari kaki lima gitu lah cuman nampung sekitar 10-an orang. Tapi sekarang selain buka cabang, pemiliknya juga udah bisa bangun tempat yang lebih besar dan lebih permanen. Bangunan rumah yg open space gitu dengan kapasitas sekitar 30-40 pengunjung. Tempatnya yang di gang sempit ini tidak menjadikan tempat ini jauh dari pengunjung. Referensi dari mouth to ear rasanya masih diandalkan oleh si pemilik, ketimbang harus inves buka di tempat yg lebih wah semacam foodcentre or di keramaian lain misalnya. Rasanya yang emang nendanggg dan gak banyak saingan mungkin jadi alasan tempat ini selalu ramai di malam hari.

Bentuk satenya sih seperti sate padha umumnya, cuman sebelum ditusukin ke bambu, daging bebeknya udah dibumbuin sedemikian rupa baru kemudian dibakar. Setelah dirasa cukup matang dan disajikan, *bok'..bergaya mbak siska di acara aroma* Cara penyajiannya ditambahkan saos kacang (seperti saos siomay), tambahin kecap plus sambal botol. Makannya enggak sama nasi tapi pake lontong....wuihh..siapa yg gak ngiler nih. Bebeknya bisa empuuuk and kerasa bgt bumbunya. Entah komponen apa aja yg diolesin tuh..rahasia kalii yaa.. Yang jelas saya ingat bgt pertama kali dulu makan udah bisa habis..erghh..30tusuk !! *halah! selamat datang asam urat*..hehee.

Selain sate bebek, terakhir saya kesana bulan april lalu, ada juga varian sup bebek yg gurihhh nian. Ini juga, pertama mau ngerasain udh ngebayangin amis gak yaa? tapi begitu nyoba, endangg bambang bener nih..Kaldunya kerasa bgt kayak sup buntut gitu. Rasanya kunci kesedapan sate and sup bebek Cibeber ini adalah gimana bisa menciptakan cita rasa yang endangg tanpa bau amis. Ingat dulu gimana nyokap kalo bikin masakan bebek hijau a la padang yang ribet bgtt supaya bebeknya gak amis. Kebayang kan kalo masih bau amis kan selera makan langsung ngacirr deh.

Liat aja nih penampilannya sate & sup bebek Cibeber yang tampilannya suka bikin lupa diet. Jadi, buat pembaca postingan ini sekaligus yang ngaku jadi penikmat makanan, kalo lagi mau jalan ke arah kawasan Pantai Anyer or Cilegon, wajib mampir ke tempat ini nih. Ihh..si ibu pemilik warung ini harusnya bayar saya buat promosiin warung dia nyak..paling tidak bisa makan sate bebek gretong saban kesana..hahaha..

11 Comments:

Blogger Sam said...

pey pey namanya bebek tuh aku suka... bukan karena gw tuh secerewet bebek tapi emang lezaattttttnya tuh. Sayangnya sate bebek blon pernah coba. apa ini bisa diagendakan untuk wisata kuliner hehehehe. Tao kirim di rantang aja ya

8:06 AM  
Blogger Apey said...

Sam : jakarta - cilegon cuman 2 jam-an kan...longwiken ini kmana ? yawis ke Anyer terus mampir kesitu yakk. Kalo di rantang gak enak lageee.. :D

9:34 AM  
Blogger unai said...

ada yang ngaku cerewet kek bebek ya Pey..hmmm kapan kapan ajak dunk ksana :)

11:05 AM  
Anonymous Anonymous said...

BaLL : wah, sate bebek yah ? Gw blum pernah coba tuh Pey. Emang enak kah ? Sepertinya dari deskripsi elu *yang ala ibu Sisca* memang sangat yummy banget sekali. Di Jakarta dimana yah yang enak sate bebeknya ? *melongok cari Irvan*

12:09 PM  
Blogger Apey said...

Unai : yukkkk. Di yogya belom ada sate bebek ?

Iqbal : sok...sama irvan noh ke cibeber :)

6:51 PM  
Anonymous Anonymous said...

Kalau lihat fotonya, sepertinya enak, meski saya tidak suka bebek...ya karena prengus... tapi kalau memang nasi bebek, sate bebek dan bebek-bebek lainnya bisa tampil menggoda selera lidah...ya suatu saat patut dicoba :D
doel

3:29 AM  
Anonymous Ndae KaVa said...

lam kenal wat aphey...xixixi, gw lg iseng cari2 resep sate bebek di web, ya krn hal yg sama ky elo, krn gw juga dojan banget sama sate bebek cibeber...ga taunya ga nemuin euy, malah nemu blog elo inih...ho'oh, gmn cara yah bikin satetn sop bebek yg endang ntuh...semalem gw baru makan siy, dibawain adek ipar gw yg tinggal di cilegon, eh, udah pengen lagi..heuheuheu, klo dah ada resepnya bagi2 gw dunx, Phey...

3:20 PM  
Anonymous Anonymous said...

I have been looking for sites like this for a long time. Thank you! » »

6:55 PM  
Anonymous Anonymous said...

You have an outstanding good and well structured site. I enjoyed browsing through it » »

10:31 AM  
Anonymous Anonymous said...

Amiable dispatch and this mail helped me alot in my college assignement. Thank you as your information.

12:48 AM  
Anonymous Anonymous said...

Brim over I agree but I dream the list inform should prepare more info then it has.

6:29 PM  

Post a Comment

<< Home