Saturday, April 29, 2006

The Moderator

Saya mulai kenal internet dan punya account email pertama di yahoo sekitar tahun 1999. Setelah tahu sedikit demi sedikit powerfullnya dunia cyber, saya mulai tergila-gila dan betah berlama-lama di warnet (maklum waktu itu belom konek sendiri dari rumah). Di tahun-tahun awal saya lebih sering menggunakan internet untuk browsing/chating dan belum terlalu tahu banyak tentang bagaimana memanfaatkan resource2 di internet untuk hal-hal yang lebih produktif. Sampai satu hari ada satu temen yang ngajari saya bikin milist melalui egroups. Setelah denger penjelasan dari dia ttg menu-menu milist yang memungkinkan untuk saling sharing informasi dan menjaga intensitas hubungan satu komunitas, maka iseng-iseng saya create satu account di egrous yang kemudian berganti di yahoogroups.

Terdorong rasa kangen sama temen-temen kuliah yang mulai menyebar dan menjalani kehidupan masing-masing, maka tanggal 15 April 2000 ter-create lah satu account milist di yahoogroups untuk alumni kampus psikologi unair . Segera saya tahu bahwa sebagai creator milist, saya dapat julukan moderator. Di awal-awal create milist ini tidak terlalu banyak alamat email temen-temen alumni yang bisa terkumpul secara belum banyak yang punya email and blm banyak perusahaan kala itu yang punya domain sendiri. Tapi seperti juga Lao_tze bilang : "the journey of a thousand miles begins with one step , lambat laun mulai banyak temen alumni yang tahu tentang adanya komunitas dunia cyber ini dan segera subscribe untuk join.

Perlu waktu beberapa lama untuk mendapatkan pola milist yang bisa mengakomodir usul beberapa teman sampai akhirnya bisa bertahan dengan pola yang ada sampai saat ini. Mulai dari sistim membership sampai isi postingan. Pertama-tama masih berlaku open members alias tidak ada saringan kepada siapa saja yang mau subscribe. Namun belakangan setelah ada spam email & member yang memposting dengan hal-hal yang tidak sesuai dengan misi milist, baru saya sadar untuk memposisikan diri sebagai moderator yang akhirnya sejumlah rule dibentuk setelah dilemparkan dalam forum.

Makin berkembangnya dot com awal-awal 2000-an kayaknya ngaruh juga dengan semakin banyaknya alumnus yang tahu keberadaan milist. Selain bertambah jumlah membernya yang kini berjumlah 206 orang, intensitas komunikasi dan content materi yang disharingkan juga terus berkembang. Temen-temen alumni yang sudah terebar di seantero Indonesia maupun yang lagi melanjutkan studi di luar negeri jadi bisa lebih bisa bertukar informasi.Dengan tambah maraknya milist, otmotatis juga menambah aktivitas yang harus saya lakukan selaku moderator untuk mengapprove imel-imel yang subscibe karena keanggotaan tidak lagi free seperti pertama dulu. Alhamdulilah kalo ternyata tujuan awal milist ini dibentuk sebagai ajang sharing informasi bener-bener bisa berjalan. Bahkan 2 tahun terakhir temen-temen alumnus yang tersebar di Jakarta dan sekitarnya sudah punya agenda pertemuan tiap 2-3 bulan sekali untuk membahas atau sharing tentang sesuatu topik yang berhubungan dengan latar pendidikan & karir saat ini. Mulai dari topik pendidikan anak, terapi autis, alat test psikologi, Neuro Linguistic Program (NLP), dll.

Tidak terasa telah enam tahun lewat dan pada tanggal 15 April 2006 yang lalu saat ada pertemuan sharing di Jakarta, alhamdulilah saya bisa join kumpul dan ketemu dengan adik/kakak kelas alumni yang selama ini hanya saya tahu lewat milist. Setelah sharing topik Spiritual Emotional Freedom Therapy (S-EFT), kami merayakan ultah milist ke-6 dengan perayaan sederhana potong kue plus lilin angka 6nya. Rasanya seneng and bangga!! ternyata “keisengan” saya 6 tahun lalu itu sekarang telah jadi satu media yang bisa menyambung tali silaturahim di antara temen-temen alumni dan insya allah sharing pengetahuan/informasi selama ini akan lebih banyak lagi membawa manfaat.

happy birthday milist !!


3 Comments:

Anonymous Anonymous said...

Saya boleh dibagi kue-nya? ultah kemarin tidak ada yang beri saya kue...hehehe..
Selamet ultah group ke-6 :)
doel

4:07 AM  
Anonymous Anonymous said...

TOP BGT ....
mana sangka udah 6 thn milist psi UNAIR. mana sangka masih tetap berjaya .....mana sangka bisa dapet kue gratis , ilmu gratis ....hahahaha....
Smoga tetap terjalin silaturahmi yaa ... mmmmuahhhh (sun sayang maksute)

anna slamet setiyowati- 86 Psi UNAIR

2:54 PM  
Anonymous Howard said...

I enjoyed reading your post

5:51 AM  

Post a Comment

<< Home