Friday, March 10, 2006

Clairvoyance

Prolog
Dia : I’ve had one time when I was have a very bad night mare at my bungalow in Thailand.
Saya : really ? how was it ?
Dia : I feel like someone pointed a gun at me and want to shoot me so angry.
Saya : wow….!! and ?
Dia : The day after I have that dream, I heard a bad news that one of my childhood friend also my relative at back home Norway was dead shoot with long gun. A man who shot him has the same name with the guy who want to shoot me on my dream in spite of they are different person.
Saya : my God !!
Dia : I don’t know what is that but It couldn’t be coincident.
Saya : what else ?
Dia : The other time, I feel like in the middle of fire, big explosion, not clearly where I am. Two days after, I was told that one of my neighbor car had crashed and jumping in to the ground hole and burnt.
Saya : ohh…..*terbengong*
Saya : Do you think its a sixth sense ?
Dia : I don’t know what that’s it and I just can’t control it . I feel like it kind reminder of what will gonna happen to somebody related or close to me.
Saya : yeah..It seems like it turn to you kinda a messenger of what will happend.
Saya : or .......is it a clairvoyance ?

Saya hampir tidak percaya bahwa cerita ini keluar dari mulut si Magne. Sedikit cerita tentang Magne, dia adalah salah satu teman chat saya sejak 6 tahun yang lalu. Pertama tahu dari icq dan lanjut sampai sekarang lewat YM. Meski berasal dari Norwegia tapi dia lebih sering menghabiskan waktunya di Asia. Sejak awal saya tahu dia, nurut saya dia tuh tipe solitude advonturir bangett...boleh dibilang dalam setahun dia hanya beberapa bulan saja tinggal di Norway, selebihnya dia akan mulai melalang buana. Menjelang musim dingin yang extreme di Eropa dia akan terbang ke Asia dan lebih banyak menghabiskan waktu di Thailand, tempat dimana dia feel’s home. Selain sudah terlanjur jatuh cinta dengan Thailand, dia juga suka Kamboja, Myanmar, Vietnam. ”Semakin lama saya sering tinggal di Asia, saya jadi gak merasa pulang kalau saya balik ke rumah saya di Norway” itu yang dia bilang ke saya minggu 5 Maret kemaren. Ini adalah kali kedua dia ke Surabaya cuman buat kopdaran .....*hehehe...kopdaran yg jauhhhh yaaa* :)

Well, postingan kali ini bukan mau ngomongin tentang Magne tapi terinspirasi oleh cerita dia tentang pengamalan dan mimpi buruk yang dialami tapi kemudian diikuti oleh beberapa kali kejadian nyata mempunyai pola sama dengan mimpinya...there's something about to talk right ? Secara a big HOW and WHY yang ada di kepala saya waktu denger si bule asal belahan bumi Eropa sana yang biasanya tidak akan peduli dan percaya dengan hal yang sifatnya superstitious /takhyul seperti ini. Tapi ceritanya yang berintonasi curhat dan di akhir cerita dia bilang kalau sudah capek harus seringkali menerima penglihatan2 dan pesan2 seperti ini, membuat saya kembali lagi terusik untuk mencermati kembali masalah clairvoyance.

Boleh dibilang saya termasuk orang yang skeptis sekaligus curious tentang hal-hal yang menyangkut phenomena parapsikologi ini. Sebelumnya saya juga termasuk yang tidak mempercayai existensi hal-hal yang masih tidak bisa dinalar secara ilmiah ini. Seperti halnya pertanyaan kecil yang mengawali diskusi saya dengan dia :

Magne : ”Do you believe in ghost thing?”
Saya : “yeah…I do believe in someway, such thing does exist”

Tetapi diskusi kemudian beralih lebih ke masalah content/pesan yang tersampaikan di balik mimpi buruk si Magne ini daripada ngomongin takhyul/hantu dan “penampakan2” lain yang someway somehow pernah saya rasakan dan akhirnya merubah persepsi saya bahwa masih ada ”alam” lain yang harus saya akui keberadaannya.

Bagi yang belum pernah tahu apa mendengar apa itu clairvoyance, berikut ini nurut wikipedia :

Clairvoyance is defined as a form of extra-sensory perception whereby a person perceives distant objects, persons, or events, including "seeing" through opaque objects and the detection of types of energy not normally perceptible to humans (i.e. radio waves). Typically, such perception is reported in visual terms, but may also include auditory impressions (sometimes called clairaudience) or kinesthetic impressions.

Kalo saya boleh menjelaskan dengan kata-kata sendiri singkatnya clairvoyance adalah kemampuan indra manusia untuk mempersepsi atau menerima pesan-pesan yang tersampaikan melalui obyek, orang-orang ataupun kejadian2 tertentu yang tidak bisa diterima oleh manusia pada umum/normalnya. Pesan ini bisa melalui hal-hal yang kita lihat (visual/penglihatan), ataupun juga melalui audio/pendengaran.

Kalo dilihat pola yang sama antara isi mimpi dan kejadian nyata yang diterima Magne, bisa saja dikategorikan masuk dalam fenomena ini. Tapi saya juga masih meragukan karena saya tidak punya referensi lebih dalam lagi untuk menjelaskan hal ini. Menarik sekali untuk mencermati fenomena yang sampai sekarang masih jadi perdebatan dan kontroversi tentang kebenarannya karena penelitian ilmiah yang belum juga menemukan jawaban untuk menjelaskan terjadinya kejadian seperti ini.

Lebih lanjut lagi pendalaman tentang hal ini akan membawa ke penjelasan tentang masalah hypnosis, telepati dan fenomena parapsikologi lainnya.

The term clairvoyance is often used broadly to refer to all forms of ESP where a person receives information through means other than those explainable by current science. Perhaps more often, it is used more narrowly to refer to reception of present-time information not from another person, there being other terms to refer to other forms: telepathy referring to reception of information from another person (i.e. presumably mind-to-mind); and precognition referring to gaining information about places and events in the future. The term clairsentience is often used in reference to psi phenomena falling under this broader context.

Saya sendiri mengetahui isitilah clairvoyance ini setelah membaca buku Mata Ketiga - T. Lobsang Rampa tentang biografi seorang tibetian yang dalam trainingnya untuk jadi Tibetian Budhis harus mengasah indera sensori nya yang lebih sering disebut ”aura” agar bisa lebih peka terhadap keadaan atau peristiwa yang terjadi disekitarnya. Jadi pertanyaannya : apakah kemampuan ini bisa di latih ? Apakah semua orang bisa memiliki kemampuan ini? dan terakhir...ada gak temen-temen yang punya pengalaman yang sama dengan Magne ?


25 Comments:

Blogger Lili said...

fisrt comment, NOrway itu memang gak banget deh. Ternyata menurut survey terbaru, sekarang Oslo, capital city of Norway di cap sebagai kota termahal di dunia. London nomor dua dan tokyo nomor 3...
terus kalau lagi summer, teteb windy banget..jadi gak ada tuh summer di norway...ha.ha..pantes ajah si Magne kagak betah di sana.

My ex boss juga org NOrway, bahkan sekarang dia boyong keluarganya utk pindah kewarganegaraan menjadi Australia

wah satu komen ajah udah panjang banget deh auuuw.

soal sixth sense, mendingan gak usah di asah deh, soalnya takut korin atau jinn berperan di dalamnya. Jadi mendingan kita gak usah terlena dengan keahlian macam itu. Malah kadang jadi takut sendiri, karena kita bisa lihat future yg buruk2.

tapi muncul juga pertanyaan, kenapa selalu yg muncul future yg buruk? kenapa yg happy2 jarang muncul pd seseorang yg ahli sixth sense..?

6:20 AM  
Blogger isna_nk said...

tentang indera keenam,memang ada orang yang dikarunia kelebihan, seberti para nabi misalnya. tapi kalau orang jaman sekarang aku kok kadang ragu ya..... akan lebih baik kita ndak usah aneh-aneh aja.

dan kalau soal mimpi, kita ambil hikmah saja dari setiap pengalaman yg ada disana. buat mawas diri aja :)
dan lebih mendekatkan diri pada Alloh itu lebih baik.

3:34 PM  
Blogger zuki said...

Kalau dalam agama Islam, kita mempercayai adanya makhluk gaib selain manusia. Namun kita harus percaya juga kalau ada Yang Maha Kuat dan Maha Tinggi yang menguasai ini semua :)

6:14 PM  
Blogger Apey said...

Lili : bener banget bu, tuh Norway mahal bgt yach. Magne bilang utk beli rokok marlboro aja satu pak udah $100 !! secara dia heavy smooker juga..bayangin aja tuh, bikin bokek abis cuman krn rokok kan. Then kmrn dapetin marlboro di sby cuman 7000-an perak doang..gw bilang "kamu gak kulakan aja sekalian disini"...hehhee
Ttg sixth sense bukannya mau diasah umi, cuman curious aja gmana itu semua bisa dijelaskan secara ilmiah gitu loh :) Thx buat nice komentnya yaaa

7:21 AM  
Blogger Apey said...

Isna & Zuki : masalah curiosity aja kok, bukannya mau aneh-aneh . Setuju benerrr bahwa ada Yang Maha Kuat yang menciptakan dan menguasai, Allah Swt :)

7:37 AM  
Blogger Sylvie said...

Mmm... aku lebih cenderung bilang lebih ke arah "intuisi" yang kuat. Kadang aku suka gitu, ngalamin mimpi atau kejadian yang sepertinya bisa jadi semacam firasat terjadinya suatu hal. Kadang aku suka ikutin intuisi, kadang juga ga & parahnya, kalau aku cuek biasanya kejadian tuh.. & jelek betul! Annoying :( Makanya aku sekarang nyoba lebih percaya ke intuisiku :)

7:45 AM  
Blogger Anggi kusumah said...

Lebih indah menjadi manusia biasa saja, seperti manusia kebanyakan. karena ketika seorang manusia memiliki kelebihan "intuisi" dan "sensitive" terhadap lingkungan "unlogic", harmonis hidup akan terganggu. percaya deh, lebih enak jadi manusia biasa!!

10:15 AM  
Blogger Lili said...

yaa kok belum apdet.

Pey, sini deh Ummi yg jadi penghubung utk bisnes ke Norway...tapi jgn Malboro yg lain ajah..he..he..

Piye kabare?

6:05 AM  
Blogger kinanthi sophia ambalika said...

wah pey, penul;isan kamu kali ini menggungguli tesisku :) lengkap banget.

anyway. kadang kejadian seperti itu mungkin saja. denga fenomena yang memang di luar nalar. aku sih lebih suka tak mengusiknya dengan pertanyaan logis karena bagaimanapun dia memang tak logis.
so enjoy aja dengan keadaannya :)

nice posting Pey

2:02 PM  
Blogger Apey said...

Sissy : intuisi..nah itu juga termasuk poin postingan kali. Rasanya semua manusia mempunyai kemampuan untuk berintuisi. Cuman nurut aku, kita tetep harus bisa mengelola dan mengontrol seberapa jauh intuisi kita gunakan utk menghindarkan diri dari hal-hal yang tidak kita inginkan. Selebihnya ?...pasrahkan sama Yang Di Atas :)

6:23 AM  
Blogger Apey said...

Anggi: jeng, bukannya manusia diciptakan juga dengan kelebihan dan kelemahan masing2..mungkin tinggal gmana kita bisa mengelola kelebihan2 yang diberikan olehNYA utk hal-hal positif.

Sam: hehehe...ahhh yg bener masak lebih lengkap drpd thesis mu? I'll take that as compliment anyway..thx yach. Cuman curios and pengen ngajak brainstorming sama temen2 ttg fenomena yg emang masih unexplainable and turn to unlogic itu :)

7:20 AM  
Blogger Apey said...

Bevy : yg di Taiwan itu mah lebih dahsyat ceritanya yaa...kalo emang seperti itu gimana ya bisa dijelasin secara logic ? *still curios mode on* :)

7:08 AM  
Anonymous Anonymous said...

Indera keenam, ketujuh, kedelapan, kesembilan, kesepuluh... kenapa hanya enam ya? Saya ingin punya indera keduabelas, tapi tidak bisa :D Lima saja susah, karena kadang2 pilek...
Sebenarnya ada penjelasan ilmiah, seperti kinesthetic yang diulas dengan baik di tulisan ini ;) dan bisa sedikit disembuhkan. Saya sembuh dari mimpi buruk setelah diketuk2 sama dokter kinesiology di sini :)
doel

3:24 AM  
Blogger Apey said...

Doel: mimpi buruknya kayak si Magne gak? boleh tuh di sharing :)

6:40 AM  
Anonymous Anonymous said...

hai pey, pakabar, sori lama nggak mampir. soal yang begini2an aku ga bisa komen deh, masalahnya I'm a very sceptical person :)

9:46 PM  
Anonymous Anonymous said...

menanggapi juga ah :D

Mendingan emang jadi manusia biasa. Sedikit lebih tidak repot. Tapi punya hal kyk gitu juga bukan hal yang buruk. Asal tau dari mana datangnya dan tidak digunakan untuk kejelekan.
Tentang masalah logic dan unlogic, memang ada hal yang bisa dijelaskan dengan logic, tapi begitu hal itu menyentuh kepada logika religi, biasa orang akan bilang kalo itu unlogic. Padahal, logic juga. Hanya berbeda level pemahaman.

hihi.. hai Bev, ketemu lagi.

12:15 PM  
Blogger LUV said...

hualah.
byk sekali seyy yang ngomongin beginian...
jadi tak mau berkomentar banyak, bisnya takut salah ngomong...

so far udah 3 orang yang mimpi ditembak.

gw juga pernah mimpi yang berhubungan ama tembak2, masalahnya saya lupa saya yang ditembak apa saya nembak ya?

12:34 AM  
Anonymous Anonymous said...

It's an awesome article in support of all the online visitors; they will take benefit from it I am sure.

Also visit my weblog :: disque dur SSD

12:43 AM  
Anonymous Anonymous said...

Prеtty nice post. I ѕimply ѕtumblеd upon your wеblog and wаntеd to mention that I have really loνed bгowsing youг blоg ρosts.
Ιn anу case Ι will be subscribing fοг your
feed and I аm hoping you write agаin ѕoon!


Visіt mу pаge: meuble de salle de bain

12:15 PM  
Anonymous Anonymous said...

I don't even understand how I finished up right here, but I assumed this submit was once great. I don't
recognize who you're however certainly you are going to a famous blogger in case you are not already. Cheers!

my web blog: voyance en direct

11:04 PM  
Anonymous Anonymous said...

What's Taking place i'm new to this, I stumbled upon this I've found It absolutely helpful and it has aided me out loads. I am hoping to contribute & aid different users like its aided me. Good job.

Here is my blog - Tennis

10:09 AM  
Anonymous Anonymous said...

Ι'm not sure exactly why but this website is loading extremely slow for me. Is anyone else having this problem or is it a problem on my end? I'll check back later anԁ sеe if the problem still еxіѕtѕ.


Hеre iѕ my web blοg Devis Travaux

10:31 AM  
Anonymous Anonymous said...

Hi there, I discovered your site by way of Google while looking for
a related subject, your site got here up,
it looks great. I've bookmarked it in my google bookmarks.
Hi there, simply became alert to your weblog thru Google, and found that it's truly informative.
I'm going to watch out for brussels. I'll appreciate if you happen to continue this in future.

Numerous other folks might be benefited from your
writing. Cheers!

Here is my page; Nike Air Max

10:12 AM  
Anonymous Anonymous said...

I am truly thankful to the holder of this web page who has shared this impressive paragraph at at this time.


my web-site; voyance

7:26 PM  
Anonymous Anonymous said...

buy electronic cigarette, electronic cigarette, electronic cigarette brands, electronic cigarette, e cigarette forum, e cigarette

3:58 PM  

Post a Comment

<< Home