Friday, December 22, 2006

Outbound - Narwastu

Wiken minggu lalu kembali saya ada aktivitas outbound bareng orang-orang kantor. Kali ini tempat yang dipilih buat balik ke “hutan” beda dengan tempat outbound kloter pertama bulan Juni lalu. Adalah satu lokasi yang adem, nyaman, cukup tersembunyi karena berada jauh di dalam ceruk perbukitan kawasan kaki gunung Welirang. Kurang lebih berjarak 50-an km dari Gempol Pasuruan, tempat plan saya berada. Tempat yang bernama NARWATSU itu berada di desa Claket Kecamatan pacet, Kab. Mojokerto.

Selain tempat yang sama sekali baru , nuansa outbound kali ini bener-bener back to nature deh. Ketimbang tidur di kamar penginapannya, saya lebih memilih untuk pakai camping ground yang terletak di area belakang hotel. Dengan fasilitas MCK yang sangat bersih (air pegunungan gitu lohh), area aktivitas yang bersih dan aman, plus pertimbangan pemandangan view yang melegakan mata rasanya bercamping ria di area ini adalah pilihan yang tepat. Wiken kmaren Narwatsu berasa jadi milik kelompok outbound dari kantor saya aja karena gak ada tamu lain yang check in di penginapan atau yang memakai camping ground. Eksklusif !!

Hari pertama setelah peserta datang, seperti biasa ada opening ceremony, training rules, game-game, ice breaking dan perkenalan dengan provider plus fasilitatornya. Karena jumlah kami gak banyak hanya 16 orang, maka tim dibagi 2 grup. Saat opening dijelaskan oleh fasilitator bahwa nanti kita semua akan tidur di kamar di hotel dengan bintang lebih dari lima 5 ! yang artinya kita bakal tidur di tenda, sambil ngeliat bintang di langit gitu loh…Ada yang radha kaget dan ada juga yang langsung girang begitu mendengar bakal bertenda ria. Saya sendiri udah antusias banget buat outbound kali ini and sbg EO udah tau duluan lah kalo bakal tidur di tenda. Cukup berhasil juga bikin surprise gak cerita-2 ttg tenda itu ke peserta yang lain. Yah ginilah untungnya kalo dulu sukanya maen ke hutan, jadi gak kikuk lagi pas kudu out of routine sejenak.

Udah gak sabar rasanya buat ngebangun tenda dome yang udah dibagikan. Untung masih ingat cara-caranya setup yang simpel itu secara udah hampir sejak 10 thn yang lalu terakhir kali tidur di tenda. Matras tidur plus sleeping bag dari fasilitator per orang jadi bekal perlengkapan tidur yang nyaman malam itu. Eh agak curang juga ding, karena udah tau bakal di tenda, saya bawa juga satu lagi sleeping bag dari rumah biar tambah empuk and anget gituh..hehe...Akhirnya jadi juga tenda dome “kamar” saya and 2 temen cewek lainnya malem itu, sementara bapak-bapak yang lain sih satu tenda berdua.

Setelah tenda berdiri, kami semua membersihkan diri di kamar mandi yang tertata bersih dan merasakan dinginnya air Pacet ! Gilaa….brrrr….dingin banget air disana. Sehabis mandi dan makan, aktivitas diskusi malam untuk mendebrief game-game yang udah dijalani sorenya berlangsung dengan mantap. Metafora penerjamahan atas Inisiatif/simulasi game yang diberikan oleh fasilitator nampaknya kena bener buat kami. Rasanya diskusi malem itu jadi waktu buat mendefrag dan mengevaluasi kembali semua hal-hal yang udah dijalanin di kantor. Setelah diskusi selesai, gak rela rasanya buat langsung melewatkan waktu kebersamaan yang jarang terjadi itu buat tidur. Selanjutnya?? Jagung & ketela, teh & kopi panas udah disiapkan buat yang pengen ngobrol-ngobrol. Sedaaaapp….:)

Saat tidur tiba! Bikin senyum aja ngeliat tingkah laku bapak-bapak itu. Kok ya udah malem jam 11-an gitu..masih ada aja suara kasak kusuk dari tenda sebelah kanan, kiri padha ngerumpi, tuker cerita and bikin penghuni tenda yang lain ikutan nimbrung begadang. Halah !! secara saya tuh paling gak bisa bisa tidur kalo denger suara.

Hari kedua dimulai dengan senam pagi dan joget komando! Pas ini ketawa habis-an saya ngeliat bapak-bapak yang sehari-hari ngurusin furniture itu kudu joget komando and joget Bang SMS *halah!! najongg*. Sehabis makan pagi, game-game inisiatif yang lain digeber sampai siang hari saat pulang. Puaass banget kmaren bisa bener-bener refreshing sambil dapat insight baru dari aktivitas outbound yang biar singkat tapi padet hasilnya. Secara saya doyann banget kegiatan outdoor sih yaa..biar gempor kaki cuman asyikk aja rasanya. Foto-foto outbound yang lain bisa dilihat di sini.

Masih ada sejumlah wish list buat maen-maen di outdoor sih : pengen rafting pake KAYAK !!

6 Comments:

Blogger aroengbinang said...

Salam, jadi inget waktu baru lulus sma, kemping di baturaden, dingin2 asik, dapet knalan baru lagi....

Kalau mo rafting hati2 ya; blum pernah seh, cuma karena emang gak bisa renang ya blum mo coba.

10:06 PM  
Blogger Apey said...

Aroeng : thx udah mampir :)
Kegiatan outdoor selalu seruu buat saya sih. Rafting emang kudu bisa berenang?? nggak tuh. Kayaknya asal pake live jacket aman lah..orang gw gak bisa berenang tp dah 3 kali rafting kok pak :) Cuman yang pake kayak sendirian tuh pengen nyobain..

10:38 PM  
Blogger aroengbinang said...

ya...ya...., udah brapa kali diajak ke... apa tuh namanya, citarik kali ya, tapi blom ketarik juga, he...he... kudu dibimbing kali :)

4:43 AM  
Blogger zuki said...

asyik banget ... banyak serangga nggak malamnya? :)

12:27 PM  
Anonymous Anonymous said...

Wah outbound terus... sudah yang keberapa kali?
doel

4:46 PM  
Anonymous Jual Starbio plus said...

artikel nya ga bikin bosen gan

sangat bagus dan menarik

2:57 PM  

Post a Comment

<< Home