Monday, December 05, 2005

Cholestherol start at 30's ! ( salah diagnosa part two)


Sambungan yang telat nih..
Rencana untuk merujuk ke dokter lainnya dengan maksud untuk membenarkan diagnosa disentri tadi akhirnya gw putusin dengan pergi ke seorang dokter spesialis penyakit dalam yang udah cukup paham riwayat struktur penyakit gw selama ini. Dan hasilnya ?
Benar seperti dugaan semula bahwa penyakit gw bukan disentri tapi ada infeksi dalam saluran pencernaan, sejenis hemoroid/wasir ! hhm…emang udah dicurigai bahwa kebiasaan sembelit.com gw selama ini akan bermuara di penyakit yg proudly present dapat warisan dari nyokap..huhh!

Well, rupanya gangguan metabolisme tubuh kali ini rupa2nya udah berawal sejak sekitar 2 bulan lalu, dimana penyakit sembelit gw kumat lagi. Obat pencahar rasanya harus selalu turut serta untuk memperlancar proses biologis satu ini. Nah, rasanya selama masa puasa kemaren lebih parah lagi, secara asupan air dan makanan yang masuk ke pencernaan krg mencapai jumlah optimal layaknya hari biasa. Saat itu rasanya udah mulai tumbuh bibit penyakit yang mencapai titik kulminasi minggu lalu dan dgn sukses mengacaukan kerjaan.

Terus terang awalnya gw radha mengacuhkan gejala awal mulai anehnya pencernaan dengan keluarnya darah tiap abis teong. Begitu juga wiken lalu, dimana pendarahannya lebih banyak dari hari2 sebelumnya. Tapi dengan cuek gw abis paginya agak kesakitan, siang main tenis lanjut jalan2 sampai jam 12 malem. Nah dari situ kata dokter spesialis internis ini menjelaskan layaknya bapak dosen kepada mahasiswa, pembuluh darah di dalam yang udah pecah semakin parah dan luka salurannya juga jadi lebar dan dari situlah jawaban kenapa gw di ktnr menggigil dan demam tinggi.Manggut2 gw mendengarkan penjelasan dari dokter ttg sakit gw itu… secara gak langsung gw coba bandingkan dgn cara penjelasan dokter di UGD sebelumnya. Eh iya waktu gw coba jelaskan bahwa paginya gw udah di diagnosa disentri, bpk dokter spesialis ini juga kaget ”lah…ini bukan disentri mbak..gejala2 majornya gak tampak kok” …hhmm..gak tau apa lagi yg ada dibenak dia waktu ngomong itu. Mungkin masuk etiket kedokteran kali ya utk tdk melakukan character assasignation terhadap sesama profesi…*hiperbola bgt gak sih*.

Kemudian bpk dokter ini kasih resep obat (lagi !!) , yang kali ini utk tiap jenis obat yang akan dia berikan, benar2 dia reassure lagi ke gw dengan tanya jawab yg mendalam berikut riwayat alergi obat yang pernah gw alami. Disamping lega karena gw merasakan I’m in a good hand doctor, tapi sisi lain ada saran dia yang bikin gw sedih krn gak boleh aktifitas olahraga dulu sementara sampai jaringan yang pecah tadi terbentuk lagi. Ughh..padahal belum lagi membakar lemak sisa-sisa kastengel,nastar and kue2 lebaran yg udah lewat, yah utk sementara waktu rasanya kudu rela menambah massa tubuh dgn lemah ketimbang otot deh. Selain itu ada beberapa jenis test yg bisa dia sarankan termasuk USG untuk lebih memastikan lagi seberapa jauh tingkat luka yg terjadi pada pencernaan gw. Tawaran dokter aku iyakan, sekalian gw juga minta ditambahkan item-2 test umum lainnya yang layak utk deteksi potensi penyakit secara dini seperti test urin, SGOT/SGPT, cholesterol, lemak, etc.

Hari sabtu pagi gw ke laborat utk menjalani sejumlah pemeriksaan dan malemnya hasil lab yg udah jadi gw konsultasikan lagi ke dokter yg sama. Alhamdulilah, overall hasil test USG gw tidak ditemukan kelainan lebih lanjut berkenaan dgn sistim pencernaan gw yang eror. Semua item negatif dan masih dalam masih range normal, kecuali untuk item….duueengg ...cholesterol !!

Yup..kadar cholesterol gw sudah lebih 25% dari batas normal range umur gw..arrggh! suerr..bener2 gak percaya… secara selama ini gw masih terlalu narsis dgn menganggap sudah coba hidup sehat, olahraga rutin dan cukup bisa menjaga pola makan yang gak berlebih. Juga sok yakin juga bahwa makanan2 yang masuk ke perut gw telah melalui scaning dengan standar gw sendiri, dimana dalam standar gw menu2 dibawah ini lolos : nasi padang dgn menu paru/limpa goreng or rendang otak sapi, atau menu seafood kepiting/udang/cumi asam manis, belum lagi sejumlah junk food yg biasa dikonsumsi kalo lagi jalan ke mall such as : burger, milkshake, d’crepes yg gw selalu minta cheese on a top ?!?? hmm...."standar yang anehh ?/??"

Wah, rasanya emang harus segera merevisi standar makanan di atas deh..and start at now !! makanan yang selama ini gw kira masih dalam taraf layak di makan dan masih dlm jumlah kecil ternyata salah besar, dan inilah hasilnya. Satu hal lagi bahwa gw berasumsi bahwa kadar kholesterol seseorang tidak harus ditunjukkan oleh berat badan dan aktifitas olahraganya. Lah biar rutin olahraga kayak gw tapi kalo makanan yang masuk tetap jenis yg berkholesterol tinggi yaa tetep aja jadi counter part lah. Selain kaget, hasil test kholesterol itu di sisi lain juga jadi reminder buat gw supaya lebih jaga pola makan and harapannya sih mudah2an kalo sejak dini gw udah detect penyimpangan yang ada di tubuh, paling tidak gw jadi bisa lebih mengenali tubuh kita sendiri then bisa menghindari resiko penyakit yang lebih parah.

Jadi, saran gw buat temen2 blogger : kenalilah metabolisme tubuh anda sejak dini! Slogan2 kesehatan yang pernah didengar…“mencegah lebih baik daripada mengobati”, or pernah denger kalo jantung penyakit pembunuh no. 1 di dunia ? (yang biasanya bermula dari kholesterol tinggi). And buat temen2 penikmat wisata kuliner khususnya, plz deh help your self , hati-hati terhadap yummynya rendang hati nasi padang, hauce’nya seafood kepiting, or nikmatnya ice cream dan sejumlah olahan2 berlemak dan berkolesterol tinggi lainnya.
Image hosted by Photobucket.com Don't try this at home.... its dangerous!

20 Comments:

Anonymous Anonymous said...

talking about cholesterol..semalam ada BBQ dibawah terang bulan ditepi pantai, and spt layaknya BBQ ada kambing, ayam and....lobster ..dimasak keju, enak banget..apalagi gratis...aku makan lobsternya ampe merem melek, mau ambil lagi tapi....ada bisikan "dont eat that devilish food, full of cholesterol"..terpaksa gua kekang nafsu gue...teman gue makan 3 lobsters.....he2..yah tabungan cholesterolnya naik dratis malam itu...

11:46 AM  
Blogger guario said...

Untuuuuuuuuung gue masih 26 ya PEYYYY *denial berat* jadi masih ada waktu 4 tahunan yaaaaaaaa...:D

4:20 PM  
Blogger Okol said...

aduuh...nakut-nakutin ni jeng Apey...aku kan maniak kepiting..

10:24 PM  
Blogger Apey said...

Anonysharky : Lobster !?!? ugghh....*sirik sebenernya pengen *

Rio : sadarlah nak....biar ngaku baru 26 and msh punya 4 thn smpe tuh kolesterol tmbh numpuk, tolong deh ingetin gw siapa ya celeb blog yg udh terkenal bgt sbg ensiklopedia wisata kuliner itu ?!:P

7:33 AM  
Blogger unai said...

Wah kalo Standar hidup sehatmu sea food, nasi padang ma limpa, ato otak, seafood, junkfood...wadohhh siapa gak ngiler liat menu kek gitu *secara penggemar seafood banget...
Keknya ribet banget mo ngitungin berapa kalori yang masuk ke dalam badan kita, berapa pulak yang harus dekeluarin...huhuhu...aniwei..nikmatin ajah lah...mo kolesterol kek...*yang penting jangan mpe sakit parah ajah amien

9:38 AM  
Blogger Apey said...

Unai iya sih jeng, kalo mau diturutin kenikmatan saat ini sih ayuuk aja. Efek nantinya tuh yg bikin harus eling lan waspodo tho :)

12:58 PM  
Blogger Apey said...

Mbak Okol kepiting tinggi lho kolesterolnya :)

7:11 AM  
Blogger desigNani said...

akhirnya bisa posting comment...
hihi..menderita banget klo makan dijaga..ini nga boleh..itu nga boleh..
bagi saya yang doyan makan dan mengambil makanan orang lain,....itu adalah neraka...
btw...dijaga ya kesehatannya...*senyum*

6:13 PM  
Blogger zuki said...

setuju ... jaga kesehatan dan biasakan hidup sehat .. makin lama hidup di dunia ini makin terasa manfaatnya .. :)

5:17 AM  
Anonymous lenje said...

Puji Tuhan sejauh ini tubuhku baik2 aja, makan apa aja jarang bikin sakit (kecuali keracunan)... cuma melarnya itu loh gak nahanin, hihihi...

8:35 PM  
Anonymous Haucuen a.k.a Moi said...

Apey, hehehehehe!!! Makanan loe itu mirip2 dengan gua, secara gua triglicerida acidnya tinggi, alias kena asam urat tuh gua, tapi sekarang udah turun drastis kok, hehehe secara sekarang gua jaga banget makanan gua, tapi well indikatornya selalu tubuh kita kali ya?

Kalo rajin olah raga dan sering membakar lemak and tentu saya semua asupan gizinya ok, harusnya seh bisa lebih long lasting kok hidupnya!! *dokter mode on* Hehehehehe!! :)

9:38 AM  
Anonymous komentator nyasar said...

kata angin sepoi2, formula yg bisa diambil dari komunitas orang2 yg sehat dan berumur panjang adalah...ga merokok [hmm,berat bangeett], punya keyakinan bahwa Sang Pencipta itu ada, olahragah, dan pola makan...pola makan...pola makan...
Orang2 di tanah Priangan banyak makan sayuran... klo di situ ada karapan sape, di sini ada lalapan pare :) [nyambung ga ya??] Sejauh ini saya lumayan fit dan ceriaaahh, ga tau apa ada hubungannya dengan hobby makan lalapan...pare,daon pepaya, atau perasan temu ireng serta sepupunya yg laen...yg pait2. Try this at home...tapi jgn nguber2 saya ya, klo awalnya pengen muntah...hehehehe...

30 up?? hmm...bahan obrolan udah ngarah2 ke...kolesterol, berat badan, asam urat [oh, my gooouuuut!, kata temen2 yg doyan emping], dan.......prostat :D ah, saya belum ngalamin itu,koq, cuma petunjuk doang biar yg-punya-blog tau jenis kelamin sayah...;)

8:22 PM  
Blogger Apey said...

Non Nani sejak dini deh tuh kesehatan emang harus dijaga neng. kalo surga dunia yg kayak gimana ya ? :), setuju juga sama Zuki jaga kesehatan biar bikin hidup lebih hidup pak :)

Jeng Lenje penikmat makan seperti kita dan melarisasi tuh hubungan linear yg absolut kalee....hehehee

1:16 PM  
Blogger Apey said...

Dokter Anri, siap dok..jaga makanan, rajin berlatih dan minum milo setiap hari yee..

Bpk komentator nyasar (secara gw yakin bahwa dikau lelaki :P ), suka minum paitan juga? itu mah dari dulu SD saya juga udh dicekoki berbagai macam jamu2-an yg beraneka macam warna plus derajat kepahitan yg terasa aujubillah minzalik..tapi kok tetep aja si "kolesterol" yg katanya penyakit org modern itu tetep nangkring neh ?! ..ohh mengapa aku begini ?? *naif mode on*

4:19 PM  
Blogger zuki said...

apa kabar nih? :)

6:56 PM  
Anonymous Ebet said...

sekalian diulas tentang rokok dong.. :D

11:02 PM  
Blogger Apey said...

Kang Ebet : wah maap kang..saya terlalu lugu untuk bahas rokok tuh :P

7:33 AM  
Anonymous Anonymous said...

Ayo makan sayur dan buah, 5 porsi sehari! :)
doel

2:41 AM  
Anonymous Anonymous said...

Cool blog, interesting information... Keep it UP http://www.north-carolina-health-insurance-4.info Content email filtering software Entry floor mats Jeep wrangler body kit alternative domains suzuki two brothers Wolk divorce attorney infiniti Infiniti+usa payday loans savings account 2000 Puritan bennett humidifier California dealer infiniti ventura Water filters com Camping equipment set 27camping made easy27 Software for lexmark printers infiniti Initial p necklace a man seeking black and fat bottom woman

5:22 AM  
Anonymous Anonymous said...

That's a great story. Waiting for more. here

10:08 AM  

Post a Comment

<< Home