Sunday, September 11, 2005

Book tag - part II

Nyambung bagian I kemaren yee…

Setelah kelas IV pindah ke Surabaya, barulah bacaan modern anak2 mulai jadi teman akrab di rumah. Mommy suka beli Bobo, Ananda, Kawanku. Mentari terus nyusul komik serial Nina, donald bebek, tambah umur meningkat Lima Sekawan, Sapta Siaga, Hardy Boys, majalah gadis, mode, dan Hai. Hai! ini jadi rebutan gw+bro semasa kita lagi keranjingan 80’s music…we are duran-duran generation! ; cerita kriminal majalah intisari langganannya momy jadi bacaan favorit. Termasuk telat banget kenal asterix krn baru tau waktu les perancis semasa kuliah. Perpustakaan CCF punya koleksi asterix yg cool banget! belajar perancis-nya jadi gak boring krn bisa sambil baca komik asterix..ecrire en francais.

Pelajaran bhs Ind masa SMP SMA yang sering menceritakan masa-masa keemasan sastra Indo, jadi penggiring buat pergi ke perpustakaan sekolah dan baca beberapa karya besar pujangga Ind. Buku2nya Sutan Takdir Alisyahbana, Motinggo Busye, Hamka, NH Dini, dll. Beberapa judul yang inget : Salah Asuhan (lupa karangan siapa yaa..tertarik baca malah setelah nonton versi filmnya di kala Cerita Akhir Pekan TVRI – kalo gak salah Slamet Rahardjo as Hanafi and Rahayu Effendi as Corrie DeBuse), Di bawah Lindungan kabah by Hamka, idem sama Elen, Pada Sebuah Kapal punya NH Dini emang bagus ya jeng…. Terus kaget juga bisa nemu buku Little House on the Prairie - Laura Ingalls Wilder di antara karya2 sastra di perpus sekolah.

Nah, mulai kuliah bacaan lebih beragam lagi. Dari textbook kuliah, novel, self development, spiritual, psikologi populer. Novel2 fiksi Ind & western karya Marga T, Mira W, misteri Agatha Cristie atau Mary Higgins Clark, Sidney Sheldon, Jackie Collins, John Grisham dgn novel2 hukum-nya. Sebagian besar sih pinjam dari rental buku atau dari perpustakaan kampus.

Selama perjalanan kuliah, seringkali ada buku2 tertentu yang harus dijadikan bahan paper kasus di bbrp makul. Satu buku yang paling berkesan, Sybil Flora Rheta Schreiber. Sebuah kisah nyata gadis dengan 16 kepribadian;'orang-orang' yang hidup dalam satu tubuh namun memiliki berbagai nama, identitas dan karakteristik yang berbeda! Rasanya hampir semua mahasiswa psikologi pernah membaca atau paling tidak mendengar kisah buku ini. Mengikuti proses penyembuhan Sybil untuk menjadi satu pribadi utuh selama 11 tahun, sungguh mengasyikkan. Kemudian ada juga buku Pengakuan Pariyem Linus Suryadi, kisah pembantu rumah tangga bernama Pariyem yang mengabdi secara lahiriah dan batiniah bagi ndhoro-nya (=tuannya). Satu phrase yang paling berkesan di buku ini : “…….Gusti Allah mboten nate share den...….” (=Tuhan itu tidak pernah tidur tuan).

Oh iya, waktu kul mau gak mau harus membeli dan melahap text book psikologi written in english international edition. Ada satu dosen waktu itu yg mewajibkan semua mahasiswa pengikut makulnya (mata kuliah) utk membeli buku asli dan haram memfoto copy! Gimana gak naik pitam krn text book english waktu itu cukup mahal utk kantong mahasiswa. Di akhir kuliah kurang lebih ada 20-an buku textbook psikologi yang terbeli (dengan nyicil!) dan belakangan hari baru merasa bangga bisa punya buku2 itu biar investasinya agak maksa. Ada beberapa diantaranya sampai sekarang nangkring di rak buku kantor krn msh suka dipakai referensi :
· Joining Together: Group Theory and Group Skills - by David W. Johnson,Frank P. Johnson.
· Helping People Change ; Frederick H.Kanfer & Arnold P.Goldstein.
· Reaching Out, Interpersonal effectiveness and self actualization : David W.Jonhson
· Managing Across Borders : Christopher A Bartlett

Setelah bekerja akhirnya bisa lebih bebas untuk membeli buku sendiri dan tidak tergantung lagi dari uang jatah ortu dongg….Mulai tertarik untuk membaca buku-2 manajemen untuk lebih sharpen the saw (mengambil istilah dari buku 7Habits of Highly Effective people- Stephen Covey). Buku ini termasuk yang pertama terbeli setelah bisa beli pake duit sendiri. Selain manajemen ada topik2 spiritual, Self Development : Dale Carnegie, David J Schwartz, yang dulunya cuman pinjam alhamdulilah jadi bisa punya sendiri.

Ahh..!! kok jadi bingung nih mau nyebutin mana yg favorit..abis banyak bgt yg bagus sih..

Buku favorite (non fiksi):
· Emotional Intelligence, Working With Emotional Intelligence, keduanya by Daniel Goleman
· Emotional Spiritual Quotient -Ary Ginanjar Agustian (kayaknya buku ini bisa masuk golongan spiritual juga)
· The pursuit of WOW – Tom Peters
· Competence At Work, Spencer and Spencer

Spiritual books favorite :
· Secercah Cahaya Ilahi by M.Quraish Shihab
· Muhammad Sang Nabi - Karen Amstrong,
· Hikayat2 Sufi – Syaikh Muhummad Abu al-Yusr Abidin
· Mata Ketiga - T. Lobsang Rampa , biografi seorang ttg kehidupan Dalai di Tebet.

Setelah sempat bekerja di “hutan” dan kenal experential education, jadi cinta banget sama reading, quotation, proverb dan sejenisnya yang diyakini bisa jadi buzz spirit. Dapat warisan berharga dari temen outwardbounder :
· Reading for experential education : Winds from the wilderness, edited by Carolyn Birmingham
· Gold nuggets , edited by Jim Shoel and Mike Stratton
· The Conscious Use of Metaphor in Outward Bound – Stephen Bacon

Kalo novel fiksi suka banget gaya cerita Trilogy Supernova : Ksatria, Puteri dan bintang jatuh-Akar-Petir – Dee Lestari, Ayu Utami dengan Saman, Larung dan parasit lajangnya. Then jadi paham gaya chicklit Indonesia dari Beauty Case – Icha rahmanti.

Well…setelah kelar baca Da Vinci Code, sdh ada beberapa buku yang antri buat dibaca :
· Emotional Quality management – Anthony Dio Martin
· Imperia – novel by Akmal Nasery Basral
· 24 wajah Billy – Daniel Keyes
· Ronggeng Dusun Paruk – Ahmad Tohari
Note: dua buku terakhir baru aja terbeli kmrn sabtu di bursa buku WTC. Beli 24 wajah billy krn ceritanya hampir sama dengan Sybil dan beli Ronggeng karena terinspirasi dari bbrp temen blogger yg nyebut si ronggeng ini sbg buku favoritnya.

Eh, masih ada 2 buku yang gak kelar2 dibaca, karena terlalu filosofis buat otak gw utk mencerna…maklum udah mengalami penurunan RAM kalee….hehe…
· The name of the rose - Umberto Eco
· Dunia Sophie – Jostein Gardner

Piuufff…Elen, udah komplit ya PR-nya bu..harus lempar lagi ya? Tapi ke siapa ya…hampir semua udah kena tuh…coba deh Anggi, Putri, Okol, Nizar, Dita,ayo dong share buku2 jagoannya

13 Comments:

Anonymous Anonymous said...

I’m not really into a book reading, but I remember in I read “atheis” klo ga salah judulnya by Achadiat Kartamiharja, termasuk karya sastra yg direccomend untuk dibaca, bagus lho ceritanya…I wonder masih ada gga buku itu ya….way to go bookworm, keep on pilling up ur collection, at least it will reduce ur dugem time which is good for ur health!

7:52 AM  
Anonymous Anonymous said...

kemaren aku baca "Winning" karangan John Welch. Keren banget euy. eh, salam kenal balik yach!

8:12 PM  
Anonymous Anonymous said...

Bukunya asyik juga, banyak yang belum pernah saya baca:)
doel

9:45 AM  
Blogger Radite said...

"book tag" itu apaan ya? nangkepnya lewat apa ya? lewat ngasih komen begini? blah.. i got dozens of books that I've read. I can't really remember. Nanti gue coba ingat-ingat dulu..

7:09 AM  
Anonymous Anonymous said...

hehehee.. seru mon... thanks ya udah diselesaiin "PR"-nya :)

8:52 AM  
Blogger triesti said...

suka banget sih buku self help?
setelah baca sekian banyak buku EI, sekarang gimana ngukurnya hayo....

12:09 AM  
Blogger Radite said...

utang gue lunas, yak?

2:11 PM  
Anonymous Anonymous said...

wah, gue juga terkesan banget dulu wektu baca Sybil. Juga suka sama Pengakuan Pariyem. Buku Ahmad Tohari Ronggeng Dukuh Paruk dan seterusnya gue punya semua. Btw Sophie's World itu asik lho... terusin aja bacanya.....

8:43 AM  
Anonymous Anonymous said...

Hemm ... Ibu ini benar-benar penggemar berbagai buku. Dan, semua buku yg dibaca sangat berkualitas. Pengakuan Pariyem? Barangkali buku ini sudah gak ada (kalau masih ada terjual, mohon diinformasikan)untuk saya kembali. Ronggeng Dukuh Paruk? Mengapa tidak sekalin baca 2 lainnya - kalau tidak salah ini trologi?
Bu, masih banyak buku yg lain yg perlu dibaca ... ada juga buku-buku tentang kisah-kisah nyata yg inspiratif, yg mungkin bisa membuat Ibu meneteskan air mata, tertawa sendiri, menggelengkan kepala karena kagum dan bahkan membuat sebuah perenungan bagi perjalanan hidup Ibu. Tetaplah membaca, Bu! Namun, kadang-kadang ada buku yg harus selalu dibawa kemana-mana dan di simpan baik di dalam hatimu" Aku ingin Ibu membaca buku itu ...!
H. Ita T.

3:33 PM  
Blogger Okol said...

Hai Jeng,
Apa kabar?
sorry, gw baru ngantor lagi setelah marathon 2 minggu training dan workshop di Lhokseumawe dan Jakarta. Nggak sempet blogging...
Btw, thanks for lemparan book tag-nya, interesting. tapi gua udah pernah dapet lemparan book batton dari Dinda. ntar deh kalo ada buku-buku baru yang kubaca...

3:39 PM  
Blogger Apey said...

thx semua buat comment2nya yaahh. buku2 referensi temen2 udh dicatet :)
putri : ayuk atuh..share puisinya.
RD : thx jeng udah lunasin PR-nya :)
Triesti : self help books really help me sometime :)
Koeniel : thx udh di reminder buat baca sophie lagi
Pak hery : such a nice comment from u, thx a lot !
Okol : welcome back jeng..

4:11 PM  
Anonymous Anonymous said...

gw juga maniak buku dan waktu kecil sampai sekarang paling doyan sama BObo

6:41 AM  
Anonymous Anonymous said...

I just came across your blog about Optimal Wellness to complete my work on the subject. Thanks for your thoughts!

8:28 PM  

Post a Comment

<< Home