Thursday, October 27, 2005

Nobody's Child



As I was slowly passing an orphan's home one day
And stopped there for a moment just to watch the children play
Alone a boy was standing and when I asked him why
He turned with eyes that could not see and he began to cry

I'm nobody's child, I'm nobody's child
I'm like a flower just growing wild
No mommy's kisses and no daddy's smile
Nobody wants me I'm nobody's child


Semalem kata2 lagu ini terngiang lagi di kepala. Tapi postingan berikut gak akan ngomongin tentang lagu sih..it just a prolog. Akhirnya..setelah sekian lama gak updet, selain emang baru kena musibah dgn hilangnya sekitar 12-anGB data file+Mp3 krn misbackup HD dari PC :( *nangis darah gak sih*, so jadi perlu waktu utk remanage file2, juga krn bulan Ramadhan skrng ini rasanya jadi banyak sekali kegiatan yg cukup menyedot waktu and jadi susah utk melakukan bloging dgn baik dan benar. Kerjaan akhir tahun yg kembali kejar tayang plus kegiatan tambahan mulai dari buka bareng yg hampir saban hari giliran di kantor sampai acara rutin ke panti asuhan yatim piatu tiap ramadhan yang baru saja kelar tadi malam.

Alhamdullilah Ya Allah...rasa syukur yg kadang lupa utk dirasakan dan diucapkan itu kembali terucap stlh menyempatkan ikut rombongan silaturahmi ke satu yayasan panti asuhan anak yatim di daerah Pasuruan. Syukur sekali krn berkaca pada mereka ternyata keadaan diri masih jauh lebih beruntung. Kilap nikmat dunia dan keinginan utk updet gaya hidup kadang bikin lupa bahwa masih banyak orang yg mempunyai kehidupan jauh lebih kekurangan. Tiap kunjungan sosial seperti ini otomatis "alarm reminder" utk bersyukur itu menyala kembali.

Yayasan Panti Asuhan Assa'diyah ini berada dalam lingkungan pesantren dgn jumlah anak usia SD-SMA krg lebih sebanyak 70 orang. Berada di daerah yg cukup terpencil dari kota, yayasan ini masih membutuhkan donatur tetap utk bisa membiayai kebutuhan mereka sehari2 mulai makan minum sampai dgn kebutuhan pendidikan anak didik mereka. Thn 2002 adalah kali pertama kegiatan silaturahmi ramadhan berkunjung ke yayasan ini. Dan utk thn ini, dari sejumlah informasi panti asuhan yg ada, Assa'diyah masih tergolong panti asuahn yang masih minus, so kita putusin utk kembali lagi ke sana.

Dibanding thn 2002 lalu, kondisi mereka sedikit ada peningkatan dari segi fisik bangunan sekolah yg lebih kuat strukturnya krn tidak lagi beratap ijuk seperti kala itu. Anak2 yg dulu kami temui sebagian sdh beranjak besar, ada bbrp yg diambil utk diasuh sanak keluarganya dan ada juga anak2 yatim baru. Dari sekian banyak anak yatim yang ada disitu, sejak awal kunjungan dulu ada satu anak istimewa yang menarik perhatian kami.

Image hosted by Photobucket.com Faturrohman, terlahir buta, sejak kecil dirawat di panti tsb dan sampai skrg dia berumur 17thn. Kebutaannya itu nggak membuat dia minder dan tergantung sama orang lain, malah dia jadi salah satu anak panti yang berprestasi. Rohman punya kemampuan menghapal 30 Juzz Al Quran dan pernah jadi juara MTQ kabupaten !! Tuhan memang Maha Besar dan Penyayang, kekurangan di salah satu fisik digantikan dengan kemampuan yang lain. Merinding bener denger suara merdunya membawakan puji2an Shalawat Nabi bersama dgn teman2nya.

People come for children and take them for their own
But they all seem to pass me by and I am left alone
I know they'd like to take me but when they see I'm blind
They always take some other child and I am left behind
(Nobody's Child - Sung by Karen Young)


Di samping kagum dan takjub mendengar ungkapan2 bapak pengasuh yayasan ttg prestasi Rohman dan yg lain, rasa malu juga begitu kuat menyeruak. Malu banget rasanya sampai setua ini masih saja belum faseh membaca Al Quran kalau dibandingkan dengan mereka. Pengetahuan agama mereka (terlepas krn kehidupan di pesantren) mungkin masih jauh lebih baik daripada kami2 yg kmaren ke sana. Intinya, selama krg lebih 2 jam berada bersama Rohman dan teman2nya, rasanya alarm reminder itu terus berdengung di telinga dan gak kerasa air mata yang sejak awal masuk ke panti udh ditahan2 akhirnya menetes juga di pipi. Melihat kehidupan mereka dalam kebersamaan di panti asuhan yang sangat sederhana tapi bersahaja, menyadari mereka yatim piatu tapi sudah begitu mandiri, menerima apa adanya dan punya pengetahuan agama yang baik adalah sungguh mengharukan.

Image hosted by Photobucket.com

Kesempatan untuk melihat kehidupan Rohman dan teman2nya menjadi moment pembelajaran untuk mengevaluasi kekurangan diri. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan Rahmad dan hidayah Nya kepada mereka..Amien Yaa Robbal Alamien.

Dengan Nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang
Bukanlah menghadapkan wajahmu ke arah timur dan barat itu suatu kebajikan.Akan tetapi sesungguhnya kebajikan itu adalah beriman kepada Allah, Hari Kemudian, Malaikat-malaikat, Kitab-kitab, Nabi-nabi dan memberikan harta yang dicintainya kepada kerabatnya, anak-anak yatim, orang-orang miskin, musafir (yg memerlukan pertolongan)dan orang yang meminta-minta, dan (memerdekakan) hamba sahaya, menegakkan shalat,menunaikan zakat, dan orang-orang yang menepati janjinya apabila ia berjanji,dan orang-orang yang sabar dalam kesempitan, penderitaan, dan dalam peperangan.Mereka itulah orang-orang yang benar (imannya) dan mereka itulah orang-orang yang bertaqwa. (Al - Baqarah : 177)

5 Comments:

Blogger guario said...

It's a touching story, Pey.

Kita emang mesti banyak2 lihat sekeliling biar nyadar betapa beruntungnya kita dan betapa banyak pelajaran yang bisa dipetik dari orang yang kelihatannya penuh kekurangan.

1:25 PM  
Blogger Apey said...

Thx Rio..rasanya emang semakin dewasa kita kudu juga semakin bisa membuka hati utk hal2 yang kadang tidak terlihat oleh mata.

3:12 PM  
Anonymous Anonymous said...

That's a great story. Waiting for more. Search engine optimization almati Lake okeechobee bass fishing Ifformation on rosacea http://www.slots-0.info/Slotsjewelcaseonly.html search+engine+optimization+australia just the fax internet marketing course adult plastic pants Therodore roosevelt aircraft carrier Coffee and espresso maker delonghi Jvc grdvl 120 minidv camcorder Online loan refinance florida mortgage rate calculator11 telephone answering services executive office suit Best rates for refinance

4:30 PM  
Anonymous Anonymous said...

Excellent, love it! »

2:33 PM  
Anonymous Anonymous said...

I have been looking for sites like this for a long time. Thank you! »

7:31 PM  

Post a Comment

<< Home